Beranda Berita Terkini Sejumlah Guru SD di Nanggung Bogor Ikuti Pelatihan Olah Raga Tradisional

Sejumlah Guru SD di Nanggung Bogor Ikuti Pelatihan Olah Raga Tradisional

Swarabobar.com – Diikuti oleh hampir seluruh guru pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Badan Pembina Olah Raga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dalam kegiatan pelatihan olah raga tradisional bagi guru SD Se-kecamatan.

Kegiatan olah raga tradisional yang berlangsung di Gedung PGRI Kecamatan Nanggung itu diantaranya, Sumpit, Bakiak, Egrang, Dagongan dan Galasin tersebut agar nantinya para guru dapat memperkenalkan kepada para anak didiknya dan melestarikan olah raga tersebut.

Selain itu, pelatihan olahraga tradisional tersebut disamping untuk menyehatkan tubuh, juga menjadi salah satu sarana penguat ikatan sosial masyarakat.

Diungkapkan, Wakil Ketua Bapopsi Kecamatan Nanggung, Sukadir mengatakan, bahwa pelatihan olahraga tradisional ini untuk melestarikan dan agar olahraga tersebut bisa akrab dengan generasi muda.

“Dengan olahraga tradisional ini mereka tidak terpaku kepada permainan game yang ada di gadget sehingga pasif anak-anak itu tidak mempunyai gerak yang dinamis,” katanya.

Menurutnya, dengan pelatihan yang diberikan kepada para guru tersebut supaya nantinya dapat di salurkan kembali kepada masyarakat maupun anak didik sekolah.

Selain itu juga yang mana, setiap tahunnya baik tingkat provinsi maupun kabupaten mengadakan event, sehingga nanti agar ada perwakilan di Kecamatan Nanggung untuk ikut dalam event tersebut.

“Kita dari BAPOPSI saat ini mengadakan pelatihan bagi guru sekolah dasar agar guru juga dapat memperkenalkan olahraga tradisional ini kepada anak- anak sekolah,” katanya.

Sukadir berharap, olahraga tradisional ini bisa berkembang dan dikenal oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor maupun tingkat internasional.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat kesehatan dan kebugaran meningkat sekaligus budaya bangsa lestari,” katanya.

Artikulli paraprakIPB University Buat Beras Analog dari Ubi Jalar ungu
Artikulli tjetërJepang Pastikan Lolos Sebagai Juara Grup E Piala Dunia 2022