Beranda Berita Terkini Manfaat Rebung Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Manfaat Rebung Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Swarabobar.com- Rebung bahan makanan tinggi nutrisi. Ini manfaat rebung untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol tinggi.

Bambu muda alias rebung memiliki aroma khas. Biasa rebung digunakan sebagai isian lumpia atau diolah menjadi menu makanan lainnya.

tunas rebung biasanya dikupas sebelum dikonsumsi. Sebab, bagian luar rebung memiliki tekstur kayu yang tebal sehingga sulit dikunyah.

Rebung termasuk dalam makanan tinggi nutrisi. Dalam 155 gram rebung mengandung: Kalori 64 Protein 2,5 gram Lemak 4,5 gram Karbohidrat 5 gram Serat 2 gram Tembaga Vitamin B6 Vitamin E Vitamin K Riboflavin Tiamin Fosfor Potasium Seng

Berikut manfaat rebung untuk kesehatan:

1.Menurunkan kolesterol Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Contohnya, satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa serat yang diekstraksi dari rebung memiliki khasiat menurunkan kolesterol yang kuat.

Sebuah penelitian kecil dari tahun 2009 yang melibatkan delapan orang perempuan sehat menemukan bahwa mengonsumsi 12,7 ons alias 360 gram rebung secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat setelah enam hari, dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet kontrol.

Efektivitas rebung dalam menurunkan kolesterol diduga karena kandungan serat larutnya.

Serat larut menyerap air di usus dan dihubungkan dengan penurunan kadar kolesterol.

2.Meningkatkan kesehatan usus Rebung merupakan sumber serat yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit wasir, divertikulitis, dan kanker usus besar.

Menurut hasil penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik, artinya menyediakan bahan bakar untuk bakteri menguntungkan di usus.

Penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus bisa memainkan peran sentral dalam kesehatan dan penyakit dan bisa membantu mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas.

3.Menurunkan berat badan Rebung memiliki jumlah kalori yang rendah dan tinggi serat, kedua hal ini baik untuk mendukung proses penurunan berat badan.

Serat bisa membantu memperlambat pengosongan perut untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan. Menurut review dari 62 penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat meningkatkan penurunan berat badan dan penurunan lemak perut, bahkan tanpa melakukan modifikasi diet lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa rebung yang diberikan pada tikus dengan diet tinggi lemak membantu melindungi dari penambahan berat badan dengan meningkatkan kesehatan mikrobioma usus.(Kontan.co.id)

Artikulli paraprakSiapa Sosok Pemilik Kopi Kapal Api? Berikut Penjelasannya
Artikulli tjetërLiburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Prediksi Hujan