Beranda Berita Terkini Ikan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Kolesterol? Berikut Daftarnya

Ikan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Kolesterol? Berikut Daftarnya

Swarabobar.com ‐‐ Penderita kolesterol sudah seharusnya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, salah satunya dalam memilih jenis ikan.

Ikan terkenal sebagai makanan sumber protein tinggi, tetapi bukan berarti semua jenis ikan boleh dikonsumsi setiap hari oleh penderita kolesterol. Sebab, ada beberapa ikan yang mengandung tinggi kolesterol.

Menurut American Heart Association, ikan sebenarnya mengandung protein tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan, setidaknya konsumsi ikan direkomendasikan sebanyak dua kali seminggu.

Sementara terkait kandungan kolesterol yang dimiliki, sebenarnya rata-rata tingkat kolesterol ikan lebih rendah daripada daging merah.

Namun tak dapat dimungkiri tetap ada saja ikan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Untuk itu, Anda harus berhati-hati ketika ingin mengonsumsinya, terlebih bagi penderita kolesterol.

Bukannya tidak boleh sama sekali, setidaknya penderita kolesterol lebih selektif memilih ikan mana yang kandungan proteinnya tinggi namun rendah kolesterol.

Cara lain, Anda juga bisa membatasi jumlah konsumsi ikan yang mengandung kolesterol per hari atau per minggu. Jangan sampai niat mengonsumsi ikan demi mengejar protein tinggi, justru membuat kolesterol semakin menumpuk.

Lantas, ikan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol? Berikut daftarnya.

1.Ikan sarden
Ikan sarden merupakan ikan dengan kandungan kolesterol yang tinggi di antara jenis ikan lain. Jumlah kolesterolnya mencapai 142 mg per 100 gram.

Sementara kandungan kalorinya 208, protein 24,6 gram, dan lemak jenus 1,53 gram. Maka dari itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsi ikan sarden sehari-hari.

2.Ikan bawal
Ikan bawal terdiri dari berbagai jenis, baik yang hidup di air tawar dan air laut. Ikan bawal air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol atau setidaknya harus dibatasi.

Sebab, kandungan kolesterolnya tinggi, yaitu mencapai 120 mg per 100 gram.

3.Ikan tongkol
Ikan yang mengandung tinggi kolesterol berikutnya adalah ikan tongkol. Sebab, kadar kolesterol di jenis ikan ini cukup tinggi, yaitu mencapai 102 mg per 100 gram.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai menghitung kembali jumlah konsumsi ikan tongkol jika tidak ingin membuat kolesterol jadi menumpuk.

Apalagi, ikan tongkol termasuk salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sehari-hari.

4.Ikan teri
Mengutip Nutritionix, ikan teri termasuk salah satu jenis ikan yang ada di daftar makanan laut dengan kolesterol tinggi. Jumlah kolesterol ikan teri tercatat mencapai 85 mg per 100 gram.

5.Ikan trout
Ikan trout memiliki kandungan kolesterol berkisar 70 mg per 100 gram. Sementara kandungan lain yang ada di ikan ini, yaitu kalori 168, protein 23,8 gram, dan lemak jenuh 1,65 gram.

6.Ikan salmon
Ikan lain yang juga punya kandungan kolesterol tinggi, yaitu salmon dengan kadar kolesterol mencapai 63 mg per 100 gram.

Namun kandungan kalorinya cukup tinggi mencapai 206, protein 22,1 gram, dan lemak jenuh 2,4 gram.

Jika ingin mengonsumsi ikan salmon dengan aman, cobalah untuk merebus atau memanggangnya. Hindari menambahkan mentega karena bisa menambah kandungan kolesterol dalam porsi ikan salmon Anda.

7.Ikan lele
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka kandungan kolesterolnya cukup tinggi, yaitu mencapai 59 mg per 85 gram.

Selain itu, kandungan lemak dari ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol ini juga tinggi, yaitu mencapai 12,35 gram. Namun, kalorinya berkisar 204.(CNN Indonesia)

Artikulli paraprakLiburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Prediksi Hujan
Artikulli tjetër4 Karyawan Tik Tok Buka Akses Pribadi Jurnalis AS, Ada Apa?