Beranda Berita Terkini Granat Aktip Temukan Oleh warga di Bojonggede Bogor

Granat Aktip Temukan Oleh warga di Bojonggede Bogor

Swarabobar.com – Warga di kawasan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dikejutkan oleh penemuan benda mirip granat. Tim penjinak bom (Jibom) lalu mendatangi lokasi penemuan tersebut.

Komandan Unit Jibom Gegana Brimob Kelapa Dua Depok Ipda Fery Sitinjak mengatakan benda tersebut ternyata benar granat aktif. Petugas kemudian menjinakkan granat tersebut.

“Bom aktif, secara teknis masih bisa meledak. Cuma karena ini sudah lama, kita tidak bisa pastikan gimana caranya untuk memindahkan lagi. Makanya kita langsung laksanakan disposal,” kata Ferry kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Granat tersebut sempat dipindahkan dari lokasi penemuan awal ke lapangan terbuka. Kemudian granat itu diledakkan di lapangan tersebut.

“Karena kalau di sana kita jinakkan, dia dekat dengan rumah warga. Jadi kita bawa ke sini, ada lapangan yang tidak jauh jaraknya dari kita. Hasilnya benda itu tadi berhasil kita disposal dengan sempurna. Hasilnya bagus, tercerai-berai dengan sempurna. Bahan peledaknya juga berhasil kita jinakkan,” ujarnya.

Granat tersebut diperkirakan berusia sekitar lima tahun. Namun bahan peledaknya masih utuh.

“Perkiraan saya lihat dari tampilan karena udah karatan, udah lama mungkin 5 tahun lebih. Kalau kami lihat pengamannya semuanya masih ada, bahan peledaknya juga masih utuh,” ungkapnya.

Ferry memastikan lokasi penemuan granat sudah aman. Masyarakat bisa beraktivitas kembali di sana.

“Untuk saat ini TKP sudah aman. Masyarakat bisa melaksanakan aktivitas normal sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, warga di kawasan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dikejutkan oleh penemuan benda mirip granat. Warga sekitar bernama Marzuki (40) mengatakan saat itu dia sedang beristirahat pada siang hari.

Dia sempat melihat benda tersebut dan kemudian memegangnya. Dia menduga benda itu bom.

“Awalnya saya habis beli makan ini, karena kan gerah keringet tuh, istirahat duduk di situ sambil ngerokok. Saya lihat, bentuknya kayak besi, apa ini? Pas saya pegang begini, wah ini bom,” kata Marzuki kepada wartawan di lokasi, Selasa (20/12).

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB siang tadi. Marzuki langsung memberi tahu temannya, lalu melapor ke ketua RT setempat.(Detik)

Artikulli paraprakJenderal Andika Perkasa Secara Resmi Lepaskan Jabatan Sebagai Panglima TNI
Artikulli tjetërNova Widianto Resmi Jadi Pelatih Badminton Tim Nasional Badminton Malaysia