Beranda Berita Terkini Berikut Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Cup Of espresso Coffee and roasted beans. Coffee background

Swarabobar.com Minum kopi hitam di pagi hari mungkin sudah jadi kebiasaan banyak orang Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa minum kopi hitam bisa mendatangkan manfaat positif untuk tubuh Anda?

Manfaat kopi hitam bisa Anda dapatkan jika Anda meminumnya tanpa tambahan apapun, seperti kopi hitam tanpa gula dan kopi hitam tanpa susu.

Simak nutrisi dan manfaat kopi hitam untuk tubuh dan pikiran yang sayang Anda lewatkan berikut ini.

Nutrisi Kopi Hitam

Jika Anda mencari minuman yang rendah kalori, lemak, dan karbohidrat, maka kopi hitam adalah minuman yang tepat untuk Anda.

Namun, jika Anda menambahkannya dengan susu, gula, krim, dan sejenisnya, maka minuman tersebut akan mengandung kalori sebanyak sepotong kue ekstra besar.

Umumnya, satu cangkir kopi hitam mengandung nutrisi berikut:

Lemak – 0%

Kolesterol – 0%

Natrium – 0%

Karbohidrat – 0%

Gula – 0%

Kalium – 4%

Manfaat Kopi Hitam

Jika Anda menyukai kopi hitam, Anda akan senang mengetahui bahwa minuman tersebut menawarkan banyak manfaat, baik untuk tubuh maupun pikiran AndaBerikut manfaat kopi hitam yang bisa Anda dapatkan:

Membantu meningkatkan suasana hati dan produktivitas

Kopi hitam merangsang sistem saraf, meningkatkan pelepasan neurotransmiter, seperti dopamin dan norepinefrin yang disebut ‘zat kimia bahagia’ yang membuat Anda merasa gembira dan positif.

Kafein dalam kopi hitam meningkatkan rangsangan di otak, memperbaiki suasana hati, dan memfasilitasi lingkungan yang lebih produktif dengan meningkatkan keterampilan kognitif.

Potensial untuk antidepresan

Efek antidepresan kopi berasal dari kemampuannya untuk meningkatkan jumlah serotonin dan dopamin di otak, sehingga menangkal gejala depresi seperti kesedihan, kesedihan, dan kesepian.

Selain itu, kopi mengandung asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic.

Asam-asam ini membantu mengurangi peradangan sel-sel saraf yang terjadi di otak penderita depresi dan meredakan ketidaknyamanan dan kesusahan yang terkait.

Meningkatkan kesehatan jantung

Asupan kopi hitam secara teratur dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda pada awalnya, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

Meningkatkan daya ingat Anda

Seiring bertambahnya usia, keterampilan kognitif kita terpengaruh. Kita juga cenderung mengembangkan penyakit yang berhubungan dengan ingatan seperti penyakit Alzheimer, Demensia, dan Parkinson.

Minum kopi hitam secara teratur dapat membantu melawannya dengan menjaga saraf Anda tetap aktif, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Demikian manfaat kopi hitam untuk kesehatan fisik dan mental yang sayang untuk dilewatkan. Ingat, jangan ditambahkan campuran seperti gula, krimer, susu, sirup, dan sebagainya. Selain itu, perhatikan porsinya jangan lebih dari dua cangkir per hari. (Kompas.com)

Artikulli paraprakNeymar Beri Isyarat Akan Pensiun dari Timnas Brazil
Artikulli tjetërPlt Bupati Bogor Ingatkan Kepala Desa, Laksanakan Program Kegiatan Sesuai Dengan Aturan