Beranda Berita Terkini Berikut Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Penting Untuk Diketahui

Berikut Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Penting Untuk Diketahui

Swarabobar.com – Simak cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol. Selain dengan obat dan ramuan tradisional, ada cara lain menurunkan kolesterol secara alami.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol penting diketahui. Ramuan tradisional ini bisa menjadi obat alternatif menurunkan kolesterol tinggi.

Apalagi, cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol hanya menggunakan bahan-bahan rumahan. Bumbu dapur juga bisa menjadi bahan untuk membuat ramuan tradisional guna menurunkan kolesterol.

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, berikut beberapa ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi serta cara membuatnya:

1.Jamur Lingzhi Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah berbahan jamur lingzhi.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol adalah siapkan 10 gram jamur lingzhi. Lalu jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

2.Daun asam Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi yang kedua adalah menggunakan daun asam.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 12 gram daun asam segar.

Pertama-tama, daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol 2x sehari.

3.Temulawak Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang ketiga adalah menggunakan temulawak. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 3 jari rimpang temulawak segar.

Tahap awal, rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum.

Minumlah ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol secara rutin setiap hari.

4.Seledri Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang keempat adalah berbahan seledri.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 30 gram akar seledri segar. Caranya, akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

5.Daun sirih Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang kelima adalah dengan daun sirih.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 15 lembar daun sirih segar.

Pertama, daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus.

Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini setiap hari. Cara lain menurunkan kolesterol secara alami Dilansir dari Kompas.com, selain dengan obat ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dengan mengubah kebiasaan serta asupan makanan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tanpa obat secara alami yang bisa dicoba:

1.Menurunkan berat badan Cara pertama menurunkan kolesterol secara alami adalah menurunkan berat badan.

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas rentan mengalami kolesterol tinggi.

Dilansir dari WebMD, mengurangi berat badan bisa menurunkan level LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Namun, menurunkan berat badan tidak selalu harus dilakukan dengan diet ketat karena mengurangi 5 hingga 10 persen dari berat badan awal saja akan sangat berpengaruh pada penurunan level kolesterol.

2.Berolahraga Cara kedua menurunkan kolesterol secara alami adalah berolahraga.

Dilansir dari Healthline, melakukan olahraga dengan rutin setidaknya 30 hingga 60 menit bisa meningkatkan level HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, berolahraga secara rutin juga akan membuat badan lebih sehat sehingga tidak terlalu bergantung pada konsumsi obat untuk menurunkan kolesterol.

3.Membatasi asupan lemak trans Cara ketiga menurunkan kolesterol secara alami adalah membatasi asupan lemak trans.

Lemak trans bisa ditemukan pada makanan yang diolah dengan minyak cair yang dipadatkan dan bisa ditemukan di beberapa jenis makanan siap saji.

Lemak trans adalah musuh yang perlu dihindari karena bisa meningkatkan level LDL dan menurunkan level HDL di dalam tubuh.

Lemak trans juga akan meningkatkan risiko sakit jantung dan stroke sehingga perlu dibatasi konsumsinya atau dihindari secara total.

4.Menambah asupan serat Cara keempat menurunkan kolesterol secara alami adalah menambah asupan serat.

Makanan yang mengandung serat bisa menjadi alternatif obat kolesterol. Makanan yang mengandung serat larut sebesar 5 hingga 10 gram bisa menurunkan level LDL di dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi yang disarankan, seperti apel, oatmeal, buah plum, kubis, pir, kacang merah, dan biji-bijian. Meskipun berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh, asupan serat juga perlu dibatasi untuk menghindari kembung dan kram perut.

5.Menambah asupan omega-3 Cara kelima menurunkan kolesterol secara alami adalah menambah asupan omega-3.

Omega-3 bisa menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah, risiko penyumbatan darah, serta tekanan darah tinggi.

Meskipun tidak secara langsung menurunkan kolesterol tinggi, mengonsumsi omega-3 setidaknya dua kali seminggu akan menyehatkan jantung sehingga risiko sakit jantung dan stroke bisa dikurangi.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi beserta cara membuatnya.

Kombinasikan ramuan tradisional tersebut dengan cara lain menurunkan kolesterol secara alami agar lebih terasa khasiatnya.(Kontan.co.id)

Artikulli paraprakLebih Berbahaya Mana, Gempa Bumi yang Disebabkan Oleh Sesar atau Megathrust? Berikut penjelasannya
Artikulli tjetërPenyakit Kembung Serang Ternak Domba di Wilayah Dramaga Bogor