Beranda Berita Terkini Sayur Kangkung Dapat Menyebabkan Asam Urat Naik? Berikut Penjelasannya

Sayur Kangkung Dapat Menyebabkan Asam Urat Naik? Berikut Penjelasannya

Swarabobar.com– Pantangan penderita asam urat bukan hanya daging merah dan ikan laut. Namun ada Sejumlah sayur penyebab asam urat naik yang harus dijauhi para penderita asam urat

Lalu apa saja pantangan untuk penderita asam urat? apakah kangkung menyebabkan asam urat naik banyak ditanyakan para netizen. Hal ini wajar saja, karena di masyarakat juga beredar info dari mulut ke mulut bahwa penderita asam urat harus menjauhi kangkung. Banyak masyarakat percaya, sayur kangkung menyebabkan asam urat naik. Sehingga, penderita asam urat harus mengurangi konsumsi sayur kangkung.

Dilansir dari Kontan.co.id, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pada wanita antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki. Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh.

Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

ada sejumlah sayur penyebab asam urat naik. Namun, dari daftar sayur tersebut, kangkung tidak termasuk sayur yang menyebabkan asam urat naik.

Berikut daftar sayur penyebab asam urat naik yang harus dihindari para penderita:

1. Asparagus mengandung purin yang sedang.
Batasan konsumsinya disarankan tidak lebih dari 85 gram dalam sehari dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Meski begitu, mengonsumsi asparagus sebagai sumber vitamin B-6, E dan C juga dapat dijadikan sebagai pola makan yang sehat. Caranya yang paling aman adalah dengan mengombinasikan asparagus dengan sayuran lain seperti bawang-bawangan atau okra.

2. kembang kol. Batasan mengonsumsi kembang kol yang disarankan adalah 85 gram dan tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya.Sebagai pengganti kembang kol, akan lebih aman jika mengonsumsi brokoli, karena sayuran berwarna hijau ini memiliki kadar purin yang rendah.

3. Jamur mengandung purin yang tinggi. Pasien ko asam urat disarankan makan jamur tidak lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu.

4. Bayam diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak. 5. Kacang polong Daftar sayur penyebab asam urat kambuh yang kelima adalah kacang polong. Kacang polong sering dijumpai dalam sajian tumis-tumisan. Jenis sayuran renyah yang satu ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan. Batasan konsumsi yang aman adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Agar asam urat aman terkendali, kita dapat menggantinya dengan sayuran lain yang lebih rendah purin seperti wortel, zucchini atau seledri batang yang lebih aman.

Beberapa sayur seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, brokoli, dan kembang kol memang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Namun, sejumlah ahli menyebut purin dalam sayur tidak terlalu berbahaya bagi penderita asam urat jika dibandingkan purin dari daging merah atau makanan olahan.

Bahkan, laporan yang diterbitkan di Biological and Pharmaceutical Bulletin pada 2014 menyebutkan, sayur dengan kadar purin tinggi belum terbukti meningkatkan risiko serangan asam urat. Peneliti tersebut berpendapat, kandungan purin dalam sayur kemungkinan hanya tiga atau empat kali lipat lebih rendah ketimbang puring dalam daging merah. Selain itu, jenis purin dalam sayur bernama guanin juga tidak menyebabkan kadar asam urat dalam darah meningkat secara signifikan.

Ahli juga secara spesifik telah menguji sayuran tinggi purin seperti asparagus dan bayam pada penderita asam urat. Hasilnya, kedua sayur ini tidak terbukti memicu serangan asam urat. Kendati terbilang aman, Rumah Sakit Beth Israel Lahey Health Winchester merekomendasikan agar penderita tidak mengonsumsi sayur pantangan asam urat secara berlebihan. Penderita asam urat masih boleh makan sayur pantangan asam urat seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, brokoli, dan kembang kol asalkan tak lebih dari 1/2 cangkir per hari.

Di luar sayur tersebut, penderita juga diperboleh makan sayuran lain dan buah-buahan. Bahkan, ada bukti makan buah ceri dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Menurut Arthritis Foundation, makan sayur bagi penderita penyakit asam urat bisa menambah asupan antioksidan dan fitokimia. Kedua zat tersebut bisa mengimbagi potensi kerusakan yang ditimbulkan oleh purin. Itulah daftar sayuran penyebab asam urat.

Jadi, kangkung bukan sayur yang menyebabkan asam urat. Untuk Anda penderita asam urat, jangan takut lagi konsumsi sayur kangkung.

 

 

 

Artikulli paraprakRidwan Muhibi Soroti Lemahnya Pengawasan Proyek Jalan Raya Cinangneng Tenjolaya
Artikulli tjetërSabet Tiga Medali Emas Tim Balap Motor Kabupaten Bogor Juara Umum Porprov Jabar 2022