Beranda Berita Terkini Berolahraga Singkat Lima Menit Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan

Berolahraga Singkat Lima Menit Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan

Swarabobar.com – Sejak pembatasan pandemi Covid-19 dilonggarkan, banyak orang mulai kembali beraktivitas di luar rumah dan menjalani kesibukan mereka masing-masing.

Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap waktu berolahraga yang mungkin berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Nah, meskipun kita jadi lebih sering menghabiskan waktu untuk bekerja atau beraktivitas di luar, sebenarnya kita tetap bisa berolahraga paling tidak selama lima menit.Dilansir dari Kompas.com

Baik itu berolahraga cepat di rumah atau pergi ke luar rumah untuk berlari, melakukan aktivitas fisik sekecil apa pun dapat memberikan manfaat besar bagi tubuh kita.

Mencegah kenaikan berat badan
Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion, University of Utah, berolahraga singkat di atas tingkat intensitas tertentu dapat berdampak positif pada berat badan.

Dalam studi tersebut, profesor studi keluarga dan konsumen di University of Utah, Jessie X. Fan, menemukan bahwa intensitas olahraga lebih penting daripada durasi untuk mencegah kenaikan berat badan.

Pemahaman baru ini penting karena kurang dari lima persen orang dewasa Amerika Serikat saat ini mencapai tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan dalam seminggu menurut pedoman aktivitas fisik.

“Mengetahui bahwa olahraga yang singkat pun dapat menambah efek positif, itu merupakan pesan yang menggembirakan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik,” kata dia.

Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity mengamati sekelompok individu yang melakukan satu jam latihan setiap hari (kelompok satu), bersama dengan kelompok lain yang menyelesaikan 12 latihan lima menit per hari (kelompok dua).

Studi mencatat bahwa peserta dalam kelompok olahraga intermiten dua mengalami perasaan kenyang yang lebih besar sepanjang hari, yakni 32 persen lebih kenyang — dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Jadi, pada dasarnya, dengan melakukan sesi latihan lima menit yang dilakukan secara berselang-seling setiap hari, para peserta merasa lebih kenyang dan juga tidak terlalu lapar.

Ini bisa menjadi bukti tambahan kalau berolahraga singkat selama lima menit dapat mencegah kenaikan berat badan.

Memperpanjang usia
Selain mampu mencegah kenaikan berat badan, berolahraga selama lima menit juga dapat memperpanjang usia.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology, berlari selama lima hingga 10 menit setiap hari sudah cukup untuk membantu hidup yang lebih lama.

Bentuk aktivitas fisik yang populer ini ditemukan dapat mengurangi kematian akibat kardiovaskular dan penyebab lainnya sebanyak 29-50 persen pada pelari aktif.

Di samping itu, berlari selama lima menit yang sederhana juga bisa mendorong individu untuk lebih banyak bergerak dan terhindar dari gaya hidup sedentari.

 

Artikulli paraprakMenghindari Tertipu dari Oknum Pedagang Aki Kenali Kode Produksinya
Artikulli tjetërDewan Ingatkan Para Kades Pedomani Juklak Juknis dan Perbup Soal Samisade 2022 Agar Tidak Terjerat Hukum