Beranda Berita Terkini Berikut Makanan Pembersih Pembuluh Darah yang Bisa Anda nikmati

Berikut Makanan Pembersih Pembuluh Darah yang Bisa Anda nikmati

Swarabobar.com — Beberapa penyakit seringkali disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah arteri. Ada makanan pembersih pembuluh darah yang bisa Anda nikmati.

Aterosklerosis terjadi ketika timbunan lemak menumpuk di sepanjang dinding arteri. Anda mungkin pernah mendengar kondisi yang disebut arteri tersumbat atau pengerasan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan arteri menyempit dan membatasi aliran darah ke jantung dan bagian tubuh lainnya.

Berikut makanan pembersih pembuluh darah untuk membantu membersihkan tubuh:

1.Berry
Berbagai buah-buahan berry termasuk blueberry, stroberi, cranberry, raspberry, dan blackberry disebut punya banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk kemampuannya mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan buah beri secara signifikan mengurangi faktor risiko aterosklerosis, termasuk peningkatan kolesterol LDL (jahat), tekanan darah, dan kadar gula darah. Buah beri dapat membantu mencegah penyumbatan arteri dengan mengurangi peradangan dan penumpukan kolesterol, meningkatkan fungsi arteri, dan melindungi dari kerusakan sel.

2.Kacang-kacangan
Kacang dikemas dengan serat dan terkenal karena manfaat kesehatan jantungnya. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti kacang sangat penting untuk mencegah aterosklerosis. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet kaya kacang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Semua efek ini dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

3.Ikan
Mengutip Healthline, Ikan sarat dengan nutrisi penting, termasuk lemak omega-3. Makan ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis.Sebuah studi pada 961 orang membandingkan peserta yang makan kurang dari satu porsi ikan per minggu dengan mereka yang makan dua atau lebih porsi ikan per minggu.

Studi tersebut menemukan bahwa 13,3% orang yang makan lebih sedikit ikan memiliki aterosklerosis di arteri karotid mereka, yang mengalirkan darah ke otak, dibandingkan dengan hanya 6,6% dari mereka yang berada dalam kelompok pemakan ikan.

4.Tomat dan produk turunannya
Tomat dan produk tomat mengandung senyawa tumbuhan yang mungkin sangat membantu untuk mengurangi perkembangan aterosklerosis. mengombinasikan tomat matang dengan minyak zaitun dapat memberikan perlindungan terbesar terhadap penyumbatan arteri.

5.Bawang
Makanan pembersih pembuluh darah juga termasuk bawang. Bawang adalah bagian dari genus Allium dan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan sayuran populer ini dapat melindungi arteri.

Bawang mengandung senyawa belerang yang menurut para ilmuwan dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

6.Jeruk
Buah jeruk memang enak dan menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk flavonoid.

Flavonoid jeruk dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh mengoksidasi LDL (kolesterol jahat). LDL teroksidasi dikaitkan dengan perkembangan dan perkembangan aterosklerosis.

Ini mungkin mengapa konsumsi jeruk dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke – dua kondisi yang terkait dengan aterosklerosis.

7.Bit
Mengonsumsi makanan seperti bit yang kaya akan nitrat makanan dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mencegah aterosklerosis. Bit juga termasuk dalam makanan pembersih pembuluh darah yang efektif.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakToko Elektronik di Parung Bogor Dibobol Pencuri, Polisi Lakukan Penyelidikan
Artikulli tjetërSatu Keluarga Ditemukan Meninggal Dunia di Magelang