Beranda Berita Terkini Berikut Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Berikut Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Swarabobar.com – Perasaan sakit saat menelan adalah masalah yang umum untuk terjadi. Ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan gejala ini, termasuk infeksi atau reaksi alergi.

Tergantung pada penyebabnya, bisa jadi rasa sakit saat menelan bukan hanya terasa di tenggorokan, tetapi juga di rahang, dada, dan bagian tubuh lainnya. Gangguan ini dapat membuat produktivitas menurun karena penurunan konsentrasi dan perasaan tidak nyaman. Dilansir dari halodoc.com

Jika sudah tidak tertahankan, ada beberapa cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan yang bisa diterapkan. Dengan begitu, masalah ini dapat teratasi secara efektif dan tidak berlarut-larut.

Berbagai Cara Mengobati Sakit Tenggorokan saat Menelan

1. Pengobatan Medis

Cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan yang paling ampuh dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik. Obat ini dapat mengatasi infeksi pada tenggorokan, amandel, atau kerongkongan.

Baca Juga :  Perjalanan Samsul Hidayat Menuju DPRD Provinsi Jabar Melenggang Mulus Bersama Golkar

Jika rasa sakit tidak tertahankan, dokter bisa jadi memberikan obat kumur untuk membuat tenggorokan mati rasa. Hal ini berguna agar tidak menimbulkan rasa sakit saat obat masuk ke tenggorokan.

2. Operasi

Jika kamu kerap mengalami perasaan sakit saat menelan akibat tonsilitis berulang, atau gangguan ini tidak menjadi lebih baik saat mengonsumsi obat, pembedahan untuk mengangkat amandel mungkin perlu dilakukan.

Tindakan operasi ini disebut juga dengan tonsilektomi. Namun sebelum keputusan untuk pembedahan disepakati, tindakan pemeriksaan terkait manfaat dan risiko yang bisa terjadi bisa dicari tahu terlebih dahulu.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

3. Pengobatan Rumahan

Beberapa pengobatan rumahan juga dapat menjadi cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan, antara lain:

Mengonsumsi lebih banyak cairan: Selain menghidrasi, konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari dapat membuat tenggorokan lebih tenang dan lembap.

Berkumur dengan campuran air garam untuk membantu meredakan pembengkakan dan rasa sakit saat menelan.

Mengonsumsi air hangat atau teh dengan campuran madu, berguna untuk rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

4. Menghirup Udara dari Humidifier

Menjaga udara di sekitar tetap lembap adalah salah satu cara untuk mengatasi sakit tenggorokan saat menelan. Humidifier dapat mengubah air menjadi uap yang mengisi udara, sehingga lebih lembap dan nyaman untuk tenggorokan. Tentunya, gangguan yang terjadi pada tenggorokan dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga :  Digdaya di Dapil Lima : Aan Triana dan Firmansyah Berpeluang Lolos dengan Torehan Suara Gemilang

5. Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan dan Teh Herbal

Meski belum terbukti secara ilmiah, permen pelega tenggorokan dan teh herbal termasuk salah satu cara ampuh dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko obat atau supermarket. Saat sedang memiliki waktu lowong, buat teh herbal untuk dikonsumsi agar tenggorokan kembali sehat.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat menelan yang efektif. Penggunaan pengobatan rumahan memang bisa dilakukan jika masalah yang terjadi tidak terlalu parah atau jarang kambuh.

Namun, jika sudah kronis atau mudah kambuh, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan medis lebih lanjut.

Artikulli paraprakPelaku Pencurian SDN 4 Cihidengilir Ditangkap Polres Bogor
Artikulli tjetërXiaomi 13 Diprediksi Akan Dirilis Desember 2022