Beranda Berita Terkini Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto Tinjau TMMD ke 115 di Kabupaten Bogor

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto Tinjau TMMD ke 115 di Kabupaten Bogor

Swarabobar.com – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto meninjau pembangunan jalan penghubung antara Desa Banyu Asih, Kecamatan Cigudeg, dengan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Bogor. Jalan tersebut dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama TNI.

Dilansir dari detik.com. Letjen Agus mengingatkan bahwa lokasi di sekitar kawasan pembangunan itu jadi salah satu yang cukup rawan terjadi longsor. Dia meminta agar penyuluhan terkait pemeliharaan alam dilakukan dengan benar.

“Memang tempat ini tadi disampaikan daerah pegunungan yang rawan bencana alam. Kalau hujan di sini sering terjadi longsor. Sehingga mungkin dengan adanya penyuluhan tadi itu salah satunya mungkin penyuluhan tentang bagaimana memperlakukan alam,” kata Agus saat meninjau lokasi pembangunan jalan, Kamis (20/10/2022).

Apabila pohon di kawasan sekitar pembangunan ditebangi, hal itu berpotensi terjadi longsor. Maka Agus mengimbau agar kawasan lahan gundul di sekitar lokasi ditanami pohon.

“Kalau misalnya daerah seperti ini digunduli, itu kalau hujan airnya nyurup dan dia bawa tanah dari atas ke bawah, yang disebutnya longsor. Mungkin Dandim diberi wawasan seperti itu juga, sehingga mungkin tanah-tanah yang gundul itu ditanami,” ungkapnya.

“Ditanami yang memang disesuaikan dengan alam di sini. Pokoknya setanah itu harus ada rumput. Sehingga si air itu kalau hujan dia nyerap ke rumput,” sambungnya.

Dia juga mengingatkan TNI dan Pemkab harus selalu berkoordinasi terkait pembangunan itu. Kepada para pelaksana TMMD, Agus mengingatkan agar mengetahui karakteristik alam di sekitar lokasi agar bisa tepat sasaran.

“Jadi memang Dandim harus koordinasi terus dengan pemda yang roadmap tadi itu. Kalau daerah Jawa Barat bagian utara itu karakternya beda. Agak ke sini itu pegunungan terus, sehingga membutuhkan jembatan. Maka penting harus tahu karakteristik wilayah itu sehingga TMMD bisa tepat sasaran,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Komando Resor Militer (Korem) 061/Surya Kencana melalui Komando Distrik Militer 0621/Kabupaten Bogor menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 dengan membangun jalan penghubung antara Kecamatan Cigudeg dengan Rumpin.

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Rudy Saladin mengatakan pembangunan jalan tersebut bertujuan mempermudah akses masyarakat. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, terutama masyarakat Cigudeg dan Rumpin.

“Ini tadi sudah dibuka, kita bisa lihat bersama maksud tujuan dan misinya sesuai dengan yang disampaikan oleh Plt Bupati yang bacakan oleh Sekda, bahwa kita bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Cigudeg dan Rumpin,” kata Brigjen Rudy kepada wartawan di Desa Banyu Asih, Selasa (11/10).

 

Artikulli paraprakMulai Bulan Depan Saingan Grab – gojek Mengaspal di Indonesia
Artikulli tjetërPebulutangkis Nomer 1 Dunia Keok Oleh Pebulutangkis Denmark