Beranda Berita Terkini Sejenis Kerupuk, Opak Adalah Kudapan Khas Sunda

Sejenis Kerupuk, Opak Adalah Kudapan Khas Sunda

Swabobar.com – Orang Sunda mana yang tidak kenal dengan salah satu kudapan yang menjadi ciri khas dari Sunda, yakni Opak. Sebuah makanan ringan sejenis keupuk namun berbahan dasarnya tidak sama dengan Kerupuk.

 

Dimana, Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan untuk opak sendiri terbuat dari tepung beras ketan yang diberi bumbu garam, penyedap, kelapa parut, dan gula.

 

Untuk jenis bentuk dan warna, opak sendiri memiliki perbedaan yang mencolok. Pasalnya, pengolahan opak tidak sama dengan kerupuk maupun kemplang. Karena opak pun berbeda dengan kemplang.

 

Dan perbedaan itu bisa dilihat dari warna opak yang sekilas seperti terlihat menguning dan gosong. Karena opak sendiri dimatangkan dengan cara dibakar diatas bara apai. Tidak seperti kerupul dan kemplang yang dimatangkan dengan cara digoreng dengan minyak yang mendidih.

 

Sebagai informasi, disetiap wilayah maupun daerah di dataran Sunda, kudapan yang bernama opak tersebut kerap memiliki ciri khas tersendiri. Lantaran, setiap wilayah memiliki kearifan lokal yang tidak melulu sama.

 

Opak adalah kudapan khas Sunda yang kering renyah sejenis dengan kerupuk. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras/ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap. Opak berbeda dengan kemplang

Artikulli paraprakHilangkan Insomnia Tanpa Harus Terapi Atau Minum Obat
Artikulli tjetërSejarah Singkat Adanya Opak di Desa Sipak