Beranda Berita Terkini Inilah Cara Ampuh Mengatasi Whatsapp Lemot

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Whatsapp Lemot

Swarabobar.com ‐‐ Pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami aplikasi mendadak lemot sehingga menghambat komunikasi. Padahal, koneksi internet yang digunakan lancar-lancar saja.

Namun, tak perlu buru-buru jengkel, sebab ada beberapa cara mengatasi WhatsApp lemot. Barangkali, salah satunya ampuh untuk mengatasi masalah Anda. Dilansir dari detik.com

Perlu pengguna tahu, kebanyakan masalah WhatsApp lemot terjadi karena kesalahan di sistem operasi ponsel atau handphone (hp) dan sistem aplikasi WhatsApp itu sendiri. Berikut cara mengatasi WhatsApp lemot.

1.Restart hp
Restart hp bisa menyegarkan kinerja sistem operasi ponsel pengguna, termasuk dalam hal menjalankan aplikasi WhatsApp.

Cara ini juga akan membuat data yang sudah tidak digunakan terhapus sehingga membuat kinerja sistem operasi hp dan aplikasi jadi lebih ringan.

Cara mengatasi WhatsApp tidak merespons dengan restart hp cukup mudah, Anda hanya perlu mematikan sistem operasi hp selama beberapa saat. Kemudian, nyalakan lagi.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

2.Hapus data di hp
Ketika WhatsApp lemot, bisa jadi sistem aplikasi tidak mampu berjalan karena ruang penyimpanan di hp yang sudah menipis. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak data yang disimpan di hp, seperti foto, video, sampai rekaman suara.

Jika WhatsApp lemot karena hal ini, maka pengguna perlu menghapus sebagian data di hp. Cobalah hapus data yang memang sudah tidak terpakai atau penting lagi.

Jika penting, pengguna bisa memindahkannya ke tempat penyimpanan lain sehingga ruang penyimpanan di hp yang ada aplikasi WhatsApp jadi lebih lega.

3.Hapus data di WhatsApp
Selain data di hp, WhatsApp juga bisa lemot karena data di dalam aplikasi terlalu banyak, misalnya foto, video, sampai rekaman suara dari teman. Data yang terlalu banyak akan membuat sistem operasi WhatsApp jadi melambat.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

Nah, Anda bisa menyortir data tersebut, mana yang sekiranya sudah tidak perlu lagi, lalu menghapusnya agar WhatsApp tidak lemot lagi.

4.Hapus cache
Cara mengatasi WhatsApp lemot berikutnya adalah dengan menghapus cache atau data sementara yang muncul akibat pengoperasian aplikasi.

Caranya mudah, tuju menu Pengaturan di hp, lalu pilih aplikasi WhatsApp. Kemudian, hapus data. Dalam seketika, sistem operasi WhatsApp akan terasa lebih cepat.

5.Bersihkan RAM hp
Saat membuka aplikasi dan mengoperasikannya, RAM hp akan tersedot. Nah, semakin banyak aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu, maka RAM akan semakin menipis.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

Untuk itu, bersihkan RAM hp secara berkala agar aplikasi bisa berjalan normal, termasuk WhatsApp.

6.Update WhatsApp
Ilustrasi WhatsappIlustrasi. Cara mengatasi WhatsApp lemot agar kembali lancar dengan update WhatsApp (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jika berbagai cara mengatasi WhatsApp lemot di atas belum juga berhasil, mungkin Anda perlu update aplikasi. Pasalnya, kinerja dari aplikasi versi terbaru biasanya lebih mumpuni untuk menjalankan berbagai aktivitas di aplikasi.

Caranya, Anda hanya perlu menuju App Store atau Google Play Store, kemudian update aplikasi WhatsApp yang saat ini digunakan.

7.Instal ulang
Cara mengatasi WhatsApp nge-lag juga bisa dengan menginstal ulang aplikasi. Caranya, tuju App Store atau Google Play Store, kemudian cari WhatsApp. Lalu, klik Uninstall. Jika aplikasi sudah terhapus, Install lagi.

 

Artikulli paraprakPasangan Belum Menikah Berpotensi Dipidana Jika Menginap di Hotel
Artikulli tjetërIkut Relawan Go Anis, Struktur Partai Golkar Seharusnya Mundur