Beranda Berita Terkini Benahi Infrastruktur Jalan dan Tingkatkan Ekonomi Warga, Desa Cigudeg Buka Samisade Bareng...

Benahi Infrastruktur Jalan dan Tingkatkan Ekonomi Warga, Desa Cigudeg Buka Samisade Bareng Muspika

Swarabobar.com – Untuk Peningkatan infrastruktur dan pemulihan ekonomi masyarakat,Desa cigudeg adakan kegiatan launcing Program satu milyar satu desa atau biasa disebut samisade bareng jajaran muspika kecamatan cigudeg kabupaten Bogor, pada selasa 25 Oktober 2022.

dalam hal ini pemerintah desa cigudeg melakukan kegiatan peningkatan jalan dengan menggunakan  aspal hotmix yang mana sebelumnya jalan tersebut memakai aspal lapen hingga pembuatan tembok penahanan tanah (TPT) yang berada di kampung cijengkol dan babakan cijengkol.

dalam acara tersebut sekaligus meletakan batu pertama bersama camat cigudeg kapolsek cigudeg hingga danramil cigudeg.

“hari ini kita melaksanakan launching progam samisade tahun anggaran 2022 yang dari pemerintah kabupaten bogor alhamdulillah desa cigudeg diberikan bantuan 1000.000.000 berada di dua titik,titik pertama diruas jalan cijengkol dan Tembok penahanan tanah dan yang kedua di pasar menuju perbatasan desa wargajaya atau tepatnya di kampung cigaok sebesar tiga ratus juta,”kata Kepala Desa cigudeg Andi supriadi saat peletakan batu pertama samisade 2022.

menurut Andi supriadi,perlunya peningkatan infrastruktur jalan tersebut karena banyaknya aktivitas warga yang menompang ekonomi,sehingga jalanya bagus,bisa memperlancar dalam segi bidang aktivitas masyarakat umumnya.

“pertama ini alhamdulillah sudah cair
di cijengkol dan kampung babakan cijengkol ini kurang lebih ada 400 kepala keluarga, sehingga perlu dan sangat segera meningkatkan jalan dari aspal lapen jadi aspal hotmix,” kata Kades Andi supriadi.

Lanjut, Andi mengatakan,panjang jalan yang berada di kampung cijengkol dan babakan cijengkol tersebut dengan panjang 1.474 meter, lebar 3 meter dan tinggi 0,3 meter yang melakukan pelaksana kegiatan (TPK) Desa Cigudeg, dengan biaya anggaran Rp 700 juta hingga waktu pengerjaan 40 hari kerja tersebut.

“Kalau pakai beton tidak bisa lebih dari 1000 meter, sedangkan jalan yang rusak mencapai 1.474 meter. Kalau pake Hotmik, karena Desa Cigudeg ada 21 Kampung jadi bukan ini saja. Selain itu ada di Kampung Cicopong Pasar, sebesar 300 juta,”katanya.

terkait cuaca yang sering turun hujan dalam pengerjaan samisade kedepan,pihaknya optimis bisa selesai tepat waktu tanpa mengurangi apapun.

“kita akan berupaya agar pekerjaan jalanya tepat waktu dan sesuai spek yang ada, mudah-mudahan teman teman mendoakan supaya bisa melaksanakan tepat waktu,” harapnya.

Sementara itu, Camat Pardi pun berharap dan meminta kepada masyarakat Desa Cigudeg agar turut serta salam merawat jalan yang telah dibangun pemerintah melalui program Samisade tersebut agar bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

“harapan kami yang pertama kepada Pelaksana segera selesaikan seseui dengan tahapan waktu agar tahap keduanya bisa segera bisa dicairkan tentunya ini bisa dievaluasi terhadap progres kegiatan,yang kedua kepada masyarakat bantu pemerintah desa dengan cara memelihara bangunan bangunan kegiatan kegiatan supaya tadi secara jangka panjang ini bisa dipertanggungjawabkan jadi keterlibatan masyarakat harus kita tuntut supaya berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini,”katanya.

Terkait cuaca ekstrem,Camat pardi meminta kepada pada kepala desa dan pelaksana kegiatan untuk menyiasati keadan dan kondisi dalam pekerjaan samisade sehingga bisa tepat waktu dalam menjalani progam.

“makanya tadi dengan kondisi situasi yang tidak bersahabat di akhir tahun musim pancaroba ini tentunya bisa di siasati oleh teman-teman desa supaya jangan sampai nanti ada keterlambatan ketidakselesaian pekerjaan karena cuaca itu,”ungkapnya.

Sementara disela sambutanya ,Kapolsek cigudeg kompol wagiman mengatakan,untuk masyarakat maupun instansi lain untuk saling mengawasi dalam program samisade tersebut guna pelaksanaan pembangunan tersebut sesuai aturan yang berlaku.

“lebih melaksanakan sesuai aturan yang ada,masyarakat juga ikut membantu mendorong progam ini sesuai regulasi yang ditetapkan,”katanya.

Artikulli paraprakPengolahan Limbah Kecap Ditutup, Berikut Penjelasan Camat Leuwisadeng Bogor
Artikulli tjetërWhatsapp Down, Inilah Cara Jitu Bikin Group Telegram