Beranda Berita Terkini Kendalikan Kontur Tanah Pasca Bencana, Pemdes Pasir Madang Siapkan 10 Hektare Laham...

Kendalikan Kontur Tanah Pasca Bencana, Pemdes Pasir Madang Siapkan 10 Hektare Laham Untuk Ketahanan Pangan

 

 

Bogor, Swarabobar.com – Pemerintah Desa pasir madang pulihkan lahan pasca bencana dijadikan lahan sumber ketahanan pangan yang dialokasikan dari Anggararan dana Desa 20 persen untuk penanaman buah-buahan jangka pendek.

Selain progam ketahanan pangan jangka pendek,pemdes Pasir madang juga membuat program jangka menengah serta jangka panjang yang berkolaborasi dengan badan penanggulangan bencana nasional (BNPB) serta insitut pertanian Bogor (IPB) untuk menunjang dan membantu pemulihan sumber daya alam di wilayah kecamatan sukajaya

Kepala Desa Pasir madang Encep sunarya mengatakan penanaman serta pemulihan pasca bencana tersebut sudah ditanami buah-buahan serta pohon-pohon jangka panjang untuk menyimbangi kontur tanah wilayahnya yang berkerjasama dengan BNPB dan IPB.

“melalui ketahanan pangan untuk jangka menengah dan jangka pendek itu sumbernya dari pemerintah Desa tetapi untuk jangka panjangnya kita bekerjasama dengan Badan penanggulangan bencana nasional dan institut pertanian Bogor,” katanya.

Dalam pemulihan lahan tersebut,pria yang akrab disapa Jaro Encep juga mengatakan dirinya sudah menyiapkan tanah seluas 10 hektare dan akan diperluas kembali.

“pemulihan sumber daya alam penanaman pohon buah-buahan dan pepohonan luas yang dipakai sementara ini 10 hektar dan akan berkanjutan diperluas sehingga masyarakat bisa bertambah dalam segi pemberdayaan para petani dan masyarakat Desa pasir madang,” ungkap jaro Encep sunarya pada wartawan Senin (27/09/2022).

Dirinya juga sudah mencanagkan,dari hasil penanaman jangka pendek tersebut,optimis bisa mengendalikan sumber daya manusia wilayah serta bisa membangkitkan warga dalam meningkatkan ekonomi pasca terkena bencana longsor pada 2020 silam.

“pasca panen tersebut kita upayakan untuk pemberdayaan masyarakat,dalam upaya meningkatkan ekonomi warga sehingga ini bisa bergulir kemanfaatanya,kami optimis bisa membangkitkan itu,”ujarnya. (Ham)

Artikulli paraprakAan Triana Bersama Tenaga Ahli dari Ravindra Airlangga Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana di Cigudeg
Artikulli tjetërMarpuah Lansia Berusia 66 Tahun, Warga Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Tidak Pernah Tersentuh Bantuan