Beranda Berita Terkini Beberapa Kades Hadiri Sidang Suap Ade Yasin, Aktifis Limbo Meradang

Beberapa Kades Hadiri Sidang Suap Ade Yasin, Aktifis Limbo Meradang

 

 

Bogor, Swarabobar.com – Terkait adanya beberapa Kepala Desa (Kades) di wilayah barat, Kabupaten Bogor yang diduga menghadiri sidang putusan Bupati Bogor non aktif Ade Yasin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung beberapa waktu lalu mendapat sorotan dari berbagai pihak diantaranya aktifis Lingkar Masyarakat Bogor (Limbo).

 

Menurut Ketua Aktifis Limbo, Dede Jujun mengatakan, ke hadiran para kepala desa tersebut tidak akan mempengaruhi putusan hakim. Sehingga, lebih baik para kepala desa yang hadir tersebut sebaiknya menjalani aktifitas melayani masyarakat di wilayahnya masing-masing.

 

“Datang ke sana mau ngapain jauh-jauh kalau mau support atau dukungan kan bisa pakai doa saja, intinya hakim pengadilan pun tidak terpengaruh masa vonis bebas ataupun hukumanya, walaupun mereka pada hadir, ebih baik diam di kantor melayani kebutuhan masyarakat nya,” ungkap Dede Jujun kepada wartawan pada, Sabtu (24/09/2022).

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Selain itu, Dede Jujun mengatakan, bahwa kepala desa di pilih langsung oleh warganya, sehingga lebih baik mengedepankan pelayanan terhadap warga di wilayahnya masing-masing ketimbang menghadiri kegiatan diluar kedinasan dan disinyalir para kades tersebut membolos pada jam kerja.

 

“Saya akan mengecek wilayah terdekat saya yang berada di Bogor Barat. Jangan sampai ini para kades kalau ke Bandung dia rela hadir tapi rapat kepentingan progam untuk masyarakat yang ada kecamatan malah jarang hadir,” tegasnya.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Saat dikonfirmasi kepada salah satu kepala Desa Jayaraharja, Kecamatan Sukajaya Unus membenarkan bahwa dirinya beserta dua kepala Desa lainya sedang mensuport berjalannya sidang vonis tuntutan yang menyangkut bupati nonaktif Ade yasin.

 

“Iya kang, didalem juga mau ngapain soalnya rame (ruang sidang) sekarang mau ke Sukamiskin dulu,” katanya.

 

Senada dengan Unus, kepala Desa Sipayung, Kecamatan Sukajaya Iyus mengatakan, bahwa dirinya juga sedang berada diperjalanan pulang usai menghadiri sidang tersebut.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

“Sekarang sudah bukan di pengadilan Tipikor lagi,” katanya.

Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat. Dia dinyatakan bersalah dalam kasus dugaan suap pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Vonis dibacakan dalam sidang yang dihelat pada hari Jumat 23 September 2022 kemarin.

 

“Mengadili, menyatakan terdakwa Ade Yasin telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan penjara,” kata ketua majelis hakim Herakartiningsih. (Ham)

Artikulli paraprakMasuk Bursa Calon Gubernur Jabar, H Mulyadi Lapalkan Basamalah 
Artikulli tjetërHadir di Tengah-tengah Masyarakat, Ini Yang Dilakukan Jajaran Kepolisian