Beranda Berita Terkini Rutin Lakukan Penyuluhan Kesehatan Secara Langsung Kepada Masyarakat, Ini Kata Kepala Puskesmas...

Rutin Lakukan Penyuluhan Kesehatan Secara Langsung Kepada Masyarakat, Ini Kata Kepala Puskesmas Curug Jasinga

 

BOGOR, Swarabobar.com, – Kegiatan yang dilakukan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Curug di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor beserta jajarannya layak di apresiasi senagai contoh yang baik sebagai pelayan masyarakat.

Pasalnya, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala PKM (Puskesmas), Alih Yuliadi SKM, bersama tim kesehatan Puskesmas Curug tersebut dilakukan secara rutin dengan langsung mendatangi kediam warga.

Seperti kali ini, Alih sapaan akrabnya yang didampingi tim kesehatan Puskesmas Curug kedapati sedang melakukan monitoring kesehatan secara langsung lingkungan yang menjadi wilayah kerjanya, tepatnya di permukiman penduduk di Desa Tegalwangi, Kecamatan Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Pada Selasa 12 Juli 2022.

“Melihat rumah-rumah penduduk, dari kebersihan rumah, penyimpanan air, saluran pembuangan air dari limbah rumah tangga yang intinya sanitasi lingkungan,” ungkap Alih sapaan akrabnya. Selasa (12/7/2022).

Lanjut Alih, kegiatan tersebut bukan hanya sebatas mengecek situasi dan kondisi masyarakat terkait kesehatannya, melainkan juga sebagai upaya penyuluhan yang diupayakan guna mewaspadai beberapa penyakit yang mungkin belum diketahui masyarakat.

“Diantaranya mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare, Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan lain-lain,” Ujarnya.

Lebih lanjut Alih menjelaskan, setiap kegiatan yang dilakukan Puskesmas Curug selalu berdampingan erat bersama aparatur Desa setempat, sebagai bentuk sinergitas dalam upaya menciptakan masyarakat yang sadar akan kesehatan.

“Kami dengan pihak aparat desa kerap berak cepat turun kelapangan guna melihat kebersihan lingkungan masyarakat,” imbuhnya.

Disamping itu, Alih memaparkan bahwa hasil monitoring yang dilakukannha bersama tim dilapangan memang masih menemukan adanya sebagian wilayah yang sanitasi lingkungannya masih terbilang kurang.

“Iya memang masih ada, maka dari itu kami melakukan penyuluhan secara serentak untuk kebersihan lingkungan, kegiatan penyuluhan rutin dilakukan di setiap kegiatan desa. Baik di posyandu ataupun acara lain di desa,” Tukasnya.

Sebagai informasi, wilayah kerja Puskesmas Curug diantaranya meliputi Desa Wirajaya, Desa Jugalajaya, Desa Curug, Desa Koleang, dan Desa Tegalwangi. (Arya)

Artikulli paraprakSarana Air Bersih Terbengkalai, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Angkat Bicara
Artikulli tjetërWarga Jasinga Geger, Dengan Adanya Mayat Pria Diduga ODGJ