Beranda Berita Terkini Ratu Boki : Demi Allah Rasullullah Saya Beri Kehormatan demi Kesultanan Ternate,...

Ratu Boki : Demi Allah Rasullullah Saya Beri Kehormatan demi Kesultanan Ternate, Implementasi Sultan dan Allah di Muka Bumi itu Rakyat 

 

Bogor, Swarabobar.com – Nita Budi Susanti yang merupakan Ratu Boki, isteri Sultan Ternate almarhum Mudaffar Sjah, ujar perempuan berdarah biru asal dari Amangkurat IV yang memiliki hobi kegemaran menari Salsa dan juga tarian Tradisional Indonesia itu. Jakarta, Kamis (21/07/2022).

 

Boki sampaikan, bahwa dirinya yang merupakan muslim dan sudah Hajah, sebelumnya merupakan pribadi yang tertutup setidaknya menghindari apa yang sudah ditetapkan masing masing.

 

” Hindari dan jalani apa yang boleh. Jadi cinta saya terhadap Allah dan Budaya, dan terhadap rakyat seimbang. Karena implementasi Sultan dan Allah di muka bumi itu rakyat,” ujarnya.

 

Saat dirinya menjadi Boki (gelar Permaisuri atau Ratu), ungkapnya Tidak ada sejengkal tanah pun dirinya menjual. Jika hari gini ada anak sultan dan cucu menjual asset kesultanan, itu saya tidak mengajarkan.

 

” Demi Allah Rasullullah saya berikan kehormatan demi kesultanan Ternate. Dan tidak pernah mengajarkan rakyat saya mengemis. Apapun yang halal akan saya ajari. Saya tidak ajari , rakyat saya meminta minta dan mengajarkan menjadi pengemis dan ataupun meng- hamba pada orang (duniawi),” kata Boki menceritakan.

 

Lebih lanjut, Perempuan yang pernah menjadi anggota Legislatif itupun menjelaskan bahwa sejatinya bisa membuat program. Semua berjalan, otaknya di saya. Dimana, bayangkan Duta Besar dan Menteri bisa hadir.

Harapannya kedepan agar kerap semua orang mengerjakan sesuatu yang halal mesti dengan hati yang jujur dan ikhlas. Untuk Indonesia dan Maluku Utara, untuk rakyat Maluku Utara.” Saya berharap sabar dan saya tidak mau datang dengan pertikaian dan pertempuran darah. Saya tidak akan mengukir sejarah dengan darah,” tukasnya

 

Bebernya mengatakan, Meski pernah masuk penjara, itu saya alami. Untuk jadi seorang pemimpin, satu kaki masuk ke kuburan dan penjara (red : pesan Sultan), Takdir saya menjadi pemimpin. Lebih lanjut Ratu Boki angkat bicara seraya menangis meneteskan air mata teringat akan Almarhum sang Suami yang merupakan Sultan Kerajaan Ternate ke – 48 itu.

 

” Alhamdulillah, sekarang berbalik. Orang orang yang membenci saya, kini mendukung saya. Kini dipertontonkan dengan perebutan tahta,” ulasnya.

 

Walaupun tidak banyak, namun ada yang Dirinya kini telah diperjuangkan demi adat Maluku Utara dan Indonesia. Yang kini, berkecimpung dan memperjuangkan perihal Bela Negara berbasis adat dan budaya.

 

Ungkapnya sempat melihat sesuatu yang lebih menderita daripada saya. Dimana ada seorang ibu ibu yang ingin anaknya sekolah, rela menjual narkoba, menceritakan menjalani sampai anaknya lulus SMA.

 

Menurutnya,” Dimana tidak memiliki skill dan menjadi penjual narkoba. banyak orang yang membutuhkan uluran kita semuanya. Dan paling tidak bisa menumbuhkembangkan dan mencari uang,” terang Boki, yang kini telah menikah dengan Viva Yoga Mauladi yang sudah dilantik menjadi Kapita Korowis . Sebelum meninggal, Sultan sudah memanggil beliau (Rifa) untuk menjaga Boki dan anak anak saya

 

” Apa yang sudah saya perjuangkan (ide) selama ini, seperti misalnya ‘Legugam’ pesta rakyat, saat ini saya memaafkan orang yang telah menyakiti dan men zolimi saya. Dan sebelum saya meninggal pun, ingin baik menjadi semua orang. Bagaimana orang mencintai budaya, agama nya. Mencintai adat kita masing masing,” paparnya.

 

Adat Matoto Agama, Meski kerajaan Ternate Islam, namun yang angkat kita adalah orang orang beragama Kristen dari suku Kao. Saya membina anak anak dari generasi muda , semenjak kecil,” pungkas Boki menutup pernyataan singkatnya kala diwawancarai awak media. (Nick/Arya)

Artikulli paraprakDiduga Tidak Pernah Jadi Sekala Prioritas, Kondisi Irigasi Pengairan Sodong Membuat Anggota DPRD Meradang
Artikulli tjetërPerihal Pengerjaan Ngasuh – Cileuksa Ini Penjelasan Dari Pihak Pelaksana