Beranda Berita Terkini Korban Bencana di Pamijahan Dikunjungi dan Diberikan Bantuan Langsung Oleh Mentri Sosial

Korban Bencana di Pamijahan Dikunjungi dan Diberikan Bantuan Langsung Oleh Mentri Sosial

Bogor, Swarabobar.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi lokasi bencana longsor di Kampung Muara, Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Jumat (24/06/2022) malam.

 

 

Selain memberikan bantuan berupa uang tunai kepada korban bencana, Mentri Risma juga memberikan bantuan berupa sandang dan pangan yakni sembako bagi korban yang terdampak tersebut.

 

 

“Kami akan evaluasi seluruh, dan akan komunikasi dengan badan geologi dibawah kementrian ESDM, dan BMKG supaya dapat melihat kondisinya seperti apa di kawasan ini,” ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini usai meninjau lokasi longsor di Kampung Muara.

 

 

Selain itu, dia menjelaskan pihaknya akan melakukan mitigasi terlebih dahulu. karena tidak bisa memutuskan secara cepat, lantaran rmah yang terjadi kali ini adalah relokasi juga.

 

 

“Karena itu harus dievaluasi secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan, sebaiknya memang harus ada kajian-kajian soal itu,” Ujarnya

 

 

Ketika ditanyai rencana relokasi bagi warga yang terdampak, ia mengaku bisa saja terjadi, cuma harus dilihat kondisi lokasinya bahwa itu aman betul.

 

 

“Kalau dari kami membantu selama masih ada pengungsian itu masih ada, kita akan bantu terus. Cuma kan tidak bisa selamanya seperti ini. Karena itu tadi, langkah yang berikutnya,” ucapnya.

 

 

Lebih lanjut ia menuturkan memang wilayah di Kabupaten Bogor rawan longsor, makanya akan disampaikan, sekaligus dievaluasi secara menyeluruh kawasan-kawasan ini.

 

 

“Untuk pengungsi nanti kan ada pendataan dulu. Sekarang pertolongan pertama dulu dan menyiapkan supaya mereka nanti juga ada pendampingan pengembalian psikologisnya,” jelasnya.

 

Setelah itu baru akan melakukan pendataan. Karena, saat ini masih ada pencarian korban oleh SAR dan tim lainnya.

 

“Jadi tidak bisa semua serta-merta, karena kondisinya beda. Kondisinya tidak normal gitu jadi memang harus bertahap,” katanya. (Ilham Ary)

Artikulli paraprakProses Pencarian Korban Longsor di Pamijahan Terkendala Cuaca
Artikulli tjetërGandeng BPR Parungpanjang, DPK KNPI Parungpanjang Gelar Festival Kreativitas Pelajar