Beranda Berita Terkini Rumah Warga di Cigudeg Terancam Longsor, ini kata BPBD

Rumah Warga di Cigudeg Terancam Longsor, ini kata BPBD

Bogor,Swarabobar,Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Kecamatan Cigudeg asesment sebuah rumah warga di Kampung Siranggap RT 02/14, Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang setiap kali hujan turun selalu mengeluarkan air dari sela-sela lantai dirumah milik salah satu warga tersebut.

 

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Kecamatan Cigudeg, Yayan Asep Maulana mengungkapkan, air yang keluar dari sela-sela lantai di rumah milik Juju Badriah (34) merupakan resapan air tanah yang terhalang bangunan.

 

“Air itu dari resapan tanah yang tidak ada kemungkinan tersumbat oleh bangun rumahnya, sebab posisi rumah sendiri bisa dikatakan ada di tempat tinggi dan beberapa meter depan rumah tersebut ada selokan,” ungkapnya. Minggu (22/5/2022).

 

Anggota BPBD lainnya, Suherman menambahkan bahwa kondisi tersebut bisa berdampak bahaya jika dibiarkan saja.

 

“Kalo dibiarkan lama-lama bisa-bisa saja longsor, untuk itu kita menyarankan kepada pemilik rumah untuk membuat jalur air biar resapan air hujan dari tanah tidak tersumbat,” ujarnya.

 

Dilokasi yang sama, Juju Badriah (34), pemilik rumah mengungkapkan kejadian seperti itu kerap terjadi setiap kali hujan turun dan itu berlangsung sudah hampir 2 tahun lebih selepas dirinya membangun dapur yang rapat dengan tebingan tanah.

 

“Saya bangun rumah sudah lima tahun, kalo riwayat tanah kebun biasa datar,” ungkapnya kepada wartawan.

 

Pasca dijelaskan terkait akibat dan dampaknya oleh petugas BPBD yang mengecek kediamannya, Juju mengaku faham alasan kenapa air kerap keluar dari sela-sela lantai rumahnya.

 

“secepatnya akan kita buatkan seperti saran dari bapak BPBD tadi, karena kita juga tidak mau hal-hal tidak kita inginkan terjadi,” tukasnya.(Arya)

Artikulli paraprakPrajurit TNI Bantu Evakuasi Kendaraan Kecelakaan di Leuwisadeng Bogor, Ternyata Ini Sosoknya
Artikulli tjetërSea Games Vietnam 2022, Atlet Esport Asal Kemang Bogor Raih Medali Emas