Beranda Berita Terkini Pembangunan Infrastruktur di Desa Harkat Jaya Salah Satunya Membangun Posko Covid-19

Pembangunan Infrastruktur di Desa Harkat Jaya Salah Satunya Membangun Posko Covid-19

Bogor,  Swarabobar.Com – Dalam rangka mendukung program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro), Pemerintahan Desa (Pemdes) Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor bangun Posko Covid-19 guna menekan penyebaran Covid-19 hingga level terkecil.

 

Kepala Desa (Kades) Harkatjaya, Neneng Mulyati menjelaskan bahwa pembangunan satu unit posko Covid-19 tersebut hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), adapun sumber anggaran yang digunakan berasal dari Dana Desa (DD) tahap pertama.

 

“DD tahap pertama tahun anggaran 2022, dengan luas bangunan 4 x 6 meter, dan total anggaran sebesar Rp 72.947.800. nanti posko ini akan melakukan empat fungsi yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung operasional penanganan Covid-19 maupun kesehatan,” ujarnya. Jumat (27/5/2022).

 

Lebih lanjut Kades Harkatjaya, Neneng Mulyati membeberkan bahwa pada tahun anggaran 2022 tersebut, Desa Harkatjayamasih berfokus kepada pembangunan infrastruktur diantaranya pembangunan jalan rabat beton di Kampung Cibuluh dengan Volume, panjang 250 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 0,1 Centimeter dengan total anggaran Rp 34.901.000.

 

“Untuk DD tahap satu ini ada 8 titik pembangunan pertama tadi di Kampung Cibuluh yaitu jalan rabat beton, kedua ada pengaspalan hotmix demi di Kampung Congcorang dengan volume, panjang 270 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi 2 Centimeter dengan total anggaran sebesar Rp 82.713.220,” ungkapnya.

 

“selain itu jembatana plat beton di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banar 01 di Kampung Babakan dengan volume, 3 x 1,5 meter, dan anggarannya sebesar Rp 15.592.625, ada juga pembangunan Tembok Penyangga Tebing (TPT) di Kampung Sikaung dengan volume 8 metr persegi dengan anggaran Rp 7.481.947,” sambungnya.

 

Ditempat yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Harkatjaya, Muplih Falahudin menuturkan dari pembangunan yang dikerjakan melalui anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tersebut, ada yang sudah selesai dikerjakan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat ada yang masih dalam tahap penyelesaian.

 

“Beberapa pembangun sudah selesai dan dirasakan manfaatnya, ada yang masih dalam pengejaran seperti posko Covid-19 ini. Dan kedepannya kita berharap pembangunan sumberdaya manusianya kemudian bisa mengembangkan infrastruktur bagi wilayah yang belum tersentuh,” Tukasnya. (Redaksi)

Artikulli paraprakPengurus Pengajian Rumah Santri Gelar Pengajian Akbar di Kecamatan Ciampea Bogor
Artikulli tjetërTamu Kebingungan Tuan Rumah Hajatan Hilang secara Misterius