Beranda Berita Terkini Sering Maag dan Kambuh Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya

Sering Maag dan Kambuh Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya

Jakarta, Swarabobar.com – Menjalankan ibadah puasa memang jadi tantangan untuk kaum masyarakat yang memiliki keluhan maag. Meski demikian, sebenarnya jika dilakukan dengan benar, maag akan sangat jarang kambuh saat berpuasa. Namun ada baiknya juga Anda tahu cara mengatasi maag saat puasa, sebagai langkah preventif.

 

Secara umum, hal yang memicu maag kambuh saat puasa adalah karena perut tidak diisi pada siang hari. Hal ini bisa memicu asam lambung naik, dan menyebabkan munculnya maag.

 

Saat maag terjadi, berikut cara mengatasinya.

 

Cara Mengatasi Maag Saat Puasa

 

1. Tidak Menunda Waktu Berbuka

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Tidak heran kegiatan yang Anda lakukan mungkin saja membuat waktu berbuka menjadi terlambat. Namun untuk penderita maag yang sudah mengalaminya, jangan sampai menunda waktu berbuka puasa. Semakin lama Anda menunda waktu berbuka, maka semakin besar pula resiko sensasi tidak nyaman yang ditimbulkan.

 

Jika memang benar-benar tidak kuat, Anda bisa mempertimbangkan untuk membatalkan puasa.

 

2. Jangan Terlewat Waktu Sahur

 

Tidak menunda waktu berbuka puasa sama krusialnya dengan memastikan Anda menyantap makanan saat sahur. Satu-satunya asupan makanan yang akan diolah oleh lambung sampai waktu berbuka adalah saat Anda sahur. Jadi pastikan Anda sahur dengan porsi yang tepat, dan jangan lupa konsumsi cairan yang cukup agar tidak lekas haus.

Baca Juga :  Digdaya di Dapil Lima : Aan Triana dan Firmansyah Berpeluang Lolos dengan Torehan Suara Gemilang

 

3. Menjauhi Pemicu Maag

 

Baik makanan berbuka atau makanan saat sahur, pastikan Anda menghindari pilihan yang bisa memicu maag. Misalnya saja, makanan pedas dan berlemak, atau minuman berkarbonasi atau berkafein tinggi. Jenis makanan dan minuman tersebut memang terasa nikmat, namun asam lambung yang Anda miliki tidak akan setuju dengan hal tersebut.

 

4. Makanan dan Minuman Tepat saat Makan

 

Nah setelah mengetahui jenis makanan apa yang harus dihindari, selanjutnya pahami juga makanan dan minuman yang baik untuk menu berbuka dan sahur. Pada menu sahur, pastikan mengkonsumsi banyak makanan berserat yang bisa membantu kelancaran penyerapan nutrisi.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Untuk makanan berbuka, pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang ramah untuk perut yang kosong. Minum air putih sebagai pembuka puasa, lalu lanjutkan dengan makanan yang tidak terlalu berat untuk dicerna.

 

Sebenarnya tidak ada larangan untuk orang yang memiliki keluhan maag dalam berpuasa. Namun tidak ada salahnya juga bukan untuk mengetahui cara mengatasi maag saat puasa sebagai langkah preventif? Semoga berguna, dan selamat menjalankan ibadah puasa.

 

 

Sumber: Suara.com

Artikulli paraprakPolda Metro Jaya Tutup Arus Lalu Lintas di Istana Negara Mulai Pukul 09.00 WIB
Artikulli tjetërIde Cemilan Buka Puasa Hari ini: Sempol Ayam Enak,Simpel dan Praktis Berikut Resepnya