Beranda Berita Terkini Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil, Inilah Manfaatnya

Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil, Inilah Manfaatnya

Bogor,Swarabobar.com – Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil jarang diketahui umat muslim. Padahal ada banyakmanfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil.

Dzikir adalah usaha manusia untuk mendekatkan diri pada Allah dengan cara mengingat Allah dengan cara mengingat keagungan-Nya. Ada banyak dzikir yang bisa dilafadzkan sehabis sholat beberapa di antaranya yaitu dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil.

Lafadz ini merupakan potongan dari ayat dalam Alquran.Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil adalah potongan dari surah Ali Imran ayat 173. Ada beberapa manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil yang jarang diketahui, berikut merdeka.com merangkumnya di bawah ini:

Tafsir Dzikir Hasbunallah Wanimal Wakil

Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil adalah potongan dari surah Ali Imran ayat 173.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama‟ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni‟mal-wakīl (QS. Ali Imran ayat 173)

Artinya:

(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Tafsir dari ayat tersebut adalah bahwa terdapat sekelompok kaum musyrikin Quraisy yang telah menyiapkan pasukan yang besar untuk menyerang umat Islam (ada yang menyebutkan bahwa kaum musyrikin tersebut dibawah komando Abu Sufyan).

Maka kaum muslimin diminta untuk berhati-hati. Ucapan dan peringatan itu kemudian menambah keyakinan umat Islam kepada Allah SWT. Mereka meyakini akan kebenaran janji Allah SWT atas sebuah kemenangan. Mereka kemudian membulatkan tekad untuk maju dan kemudian mengucapkan “Hasbunallah” seperti yang dikutip repository.syekhnurjati.ac.id.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir adalah “cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami”. Bacaan ini dianjurkan bagi umat muslim saat berdzikir.

Selain untuk meminta pertolongan, bacaan ini bisa jadi pengingat untuk terus bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT.

Manfaat Dizkir Hasbunallah Wani’mal Wakil

Adapun mafaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil ketika kerap dilafadzkan, berikut di antaranya melansir dari digilib.uinsby.ac.id:

Allah akan mencukupkan nikmat makhluk-Nya

Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil yaitu Allah akan mencukupkan nikmat makhluk-Nya sehingga tidak merasakan terus-terusan kekurangan.

Tidaklah kurang suatu nikmat yang diberikan Allah kepada manusia, hingga terjadinya suatu masalah pun Dia tetap mencukupinya dengan suatu jalan keluar.

Karena Allah Maha Segalanya, yang akan selalu memberi segala yang dibutuhkan manusia. Disinilah peran manusia untuk diperintahkan bersyukur, dan tidak untuk mengeluh dengan keadaan yang terjadi.

Allah menjadi wakil (Yang diserahi) segala urusannya

Manusia tidak akan selalu bahagia hidup di dunia ini dan pasti akan selalu mengalami rintangan dan cobaan yang menguji mental.  Dalam dzikir Hasbunallah sendiri ditegaskan bahwa Allah akan menjadi penolong utama.

Sehingga dengan adanya suatu masalah yang datangnya dari Allah, maka tidak menutup kemungkinan suatu pertolongan juga akan datang dari Allah. Dalam artian, manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil dimana Allah menjadi penolong dari segala urusan.

Sehingga manusia tidak akan terlalu mengandalkan pertolongan manusia atau selain Allah, karena apabila kita percaya bahwa mendapatkan pertolongan pada selain Allah termasuk golongan orang musyrik. Dan manusia hanyalah sebatas perantara dari Allah sebagai penolong.

Allah melindungi dari kejahatan makhluk-Nya

Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil selanjutnya Allah melindungi dari kejahatan mahluk-Nya. Allah tidak pernah membiarkan hambanya kesusahan, Allah memberikan suatu cobaan atau ujian juga tidak diluar kemampuan manusia itu.

Jadi di sinilah bukti bahwa Allah akan selalu melindungi hambanya yang selalu berdzikir atau mengingat-Nya.

Allah akan menguatkan pertolongan untuknya

Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil yaitu manusia akan diberi petunjuk Allah akan menguatkan pertolongan untuknya.

Suatu timbal balik adalah hal wajar yang terjadi pada sesama manusia. Dengan timbal balik kebaikan pada manusia sehingga menjadikan baik pula pada manusia satunya lagi.

Begitu pun berhubungan dengan Allah, apabila manusia itu selalu membaca dzikir Hasbunallah tersebut, maka Allah akan mendengar doa tersebut dan menguatkan pertolongan pada hamba-Nya.

Allah akan menjadikan rasa mahabbah/suka kepadanya pada hati semua makhluk

Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil, Allah menjanjikan kepada manusia untuk ditenangkan atau ditenteramkan hati manusia tersebut melalui rasa suka orang lain kepadanya. Menjadikan orang disekeliling tidak membencinya.

Allah akan membuatnya kaya dengan anugerah-Nya

Manfaat dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil lainnya ialah diberikan suatu kekayaan lahiriyah maupun bathiniyah yang selalu berdzikir Hasbunallah sebanyak-banyaknya. Dengan bacaannya tersebut dapat memberikan keyakinan hatinya kepada Allah, sehingga Allah akan memberikan kekayaan yang setimpal padanya.

Sumber : merdeka.com

Artikulli paraprakAde Yasin Apresiasi Giat Pemberian Santunan Yatim dan Dhuafa Yang Dilakukan Paguyuban Family Laheng
Artikulli tjetërJelang Arus Mudik Lebaran Kapolda Jabar Tinjau Kesiapan Jalur Puncak