Beranda Berita Terkini 7 Menu Rekomendasi Buka Puasa Yang Dapat Membantu Diet Selama Bulan Ramadhan

7 Menu Rekomendasi Buka Puasa Yang Dapat Membantu Diet Selama Bulan Ramadhan

Jakarta,Swarabobar.com – Pilihan menu buka puasa yang tepat dapat membantu program diet selama bulan Ramadan. Berikut rekomendasi menu makanan buka puasa yang bantu bikin kurus.

Momen puasa Ramadan selama sebulan penuh bisa membantu diet jadi lebih efektif. Mengingat, puasa mengharuskan Anda untuk membatasi asupan yang masuk ke dalam tubuh. Secara langsung, hal ini dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

 

Meski tidak makan apa pun selama 12 jam, bukan berarti Anda dapat bebas makan ketika waktu berbuka tiba. Anda tetap perlu mengurangi makanan-makanan berminyak seperti gorengan, junk food, makanan berlemak, hingga kebiasaan ngemil manis agar berat badan tak cepat naik.

 

Untuk membantu diet, pilih makanan yang sehat, minim minyak dan kalori, dan gizi seimbang. Berikut rekomendasi menu makanan buka puasa untuk yang sedang diet.

 

1. Garang asem ayam kampung

 

Rekomendasi menu buka puasa yang bikin kurus pertama adalah garang asem. Menu berkuah gurih asam ini sangat segar dan nikmat jika dihidangkan hangat sebagai menu buka puasa.

 

Selain itu, menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama pada garang asem dinilai lebih sehat ketimbang ayam broiler biasa. Ayam kampung mengandung sejumlah mineral lengkap dan lebih rendah lemak, sehingga cocok disantap saat diet.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Meski masakan garang asem identik dibungkus dengan daun pisang, namun Anda tetap bisa memasaknya tanpa daun, dengan cukup mengukusnya dalam wadah tahan panas.

 

 

2. Pek cam kee

 

Pek cam kee atau ayam rebus hainan khas Tionghoa ini cocok disajikan sebagai menu buka puasa yang menyehatkan. Ayam pek cam kee punya cita rasa gurih dan enak.

 

Selain nikmat, ayam masak pek cam kee juga sehat karena diolah dengan cara direbus. Untuk bahannya, Anda bisa menggunakan jenis ayam kampung atau ayam biasa. Akan tetapi, jika sedang diet, bisa menggunakan dada ayam tanpa lemak karena lebih rendah lemak dan kalorinya.

 

Di samping itu, bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep pek cam kee ramah diet karena terdiri atas irisan jahe, bawang putih, serta kecap ikan atau saus tiram.

 

 

3. Pepes

 

Lauk menu buka puasa yang bikin kurus selanjutnya adalah pepes. Terdapat beragam bahan baku yang bisa dimasak menjadi pepes, mulai dari ikan, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, hingga jamur.

 

Olahan pepes termasuk aman untuk diet karena tidak digoreng, sehingga nutrisi bahan utamanya cukup terjaga. Metode masak dengan cara dikukus ini pun menjadikan pepes sebagai salah satu hidangan sehat dan tinggi protein.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Merujuk Fat Secret, 1 potong daging ayam tanpa kulit atau ikan tuna ukuran sedang yang dipepes memiliki 103-108 kalori, sedangkan pepes tahu dan tempe hanya sekitar 60 kalori. Agar lebih mengenyangkan, Anda bisa kombinasikan dengan sayur-mayur dan seporsi nasi merah.

 

4. Sayur oyong telur puyuh

Oyong atau gambas merupakan jenis sayuran yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain tinggi vitamin dan mineral, sayur oyong juga sangat rendah kalori. Anda bisa mengolah oyong sebagai menu sayur sup, seperti sayur oyong telur puyuh.

Bahan yang digunakan dalam sayur oyong ini terbilang padat nutrisi seperti telur puyuh, oyong, wortel, buncis. Semangkuk sup oyong porsi sedang sudah cukup memberi rasa kenyang dengan kalori yang relatif rendah. Anda juga bisa menyantap sup ini dengan seporsi nasi merah hangat atau kentang rebus.

 

 

5. Capcay kuah

 

Capcay merupakan makanan yang terdiri atas potongan sayuran seperti wortel, jamur kuping, buncis, jagung muda, brokoli, kembang kol dan bisa diberi tambahan potongan daging ayam.

 

Sayur-sayuran dalam capcay termasuk menu yang cocok disantap saat berbuka puasa, terlebih bagi yang menjalani diet karena padat serat dan protein apabila menambahkan daging ayam atau seafood.

Baca Juga :  Sudah Satu Pekan Pencoblosan, Aan Triana Masih Menjawarai Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

 

Kalori per 100 gram capcay kuah yaitu 67 kkal, sedangkan jika ditambah nasi merah porsi sama menjadi 177 kkal untuk satu kali makan.

 

6. Sup ikan asam pedas

 

Sup ikan kuah asam pedas dapat menggunakan jenis ikan patin, tuna, sarden, atau kod dengan kandungan protein tinggi untuk mendukung proses diet.

 

Selain itu, rempah yang digunakan umumnya dari rempah seperti kunyit, tomat, cabai, serta aneka bawang yang membantu meningkatkan pembakaran lemak.

 

Membuat olahan ikan dengan kuah asam pedas sebaiknya tidak diberi campuran santan, gula, atau minyak yang berisiko menambah jumlah kalori.

 

 

7. Urap sayur

 

Urap sayur bumbu kukus ini merupakan menu buka puasa yang bikin kurus karena terdiri atas aneka macam sayuran. Seperti kol, kenikir, bayam atau daun singkong, kacang panjang, taoge, kangkung, bumbu halus dari kelapa parut.

 

Sayur-sayuran hijau dalam bahan utama urap merupakan golongan tinggi serat yang membantu memberi efek kenyang lebih lama. Selain serat, sayuran tersebut juga kaya akan vitamin dan mineral. Mengonsumsi 100 gram urap sayur menawarkan 112 kalori.

 

Sumber:CNNindonesia.com

Artikulli paraprakBerikut Tata Cara Untuk Mengetahui Apakah Kamu Penerima Bantuan Sosial Pemerintah Atau Bukan
Artikulli tjetërPilihan Menu Buka Puasa Hari Ini: Susu Kurma Enak dan Sehat, Berikut Resepnya