Beranda Berita Terkini Pemdes Karehkel Alokasikan 20 Persen DD Untuk Para Petani 

Pemdes Karehkel Alokasikan 20 Persen DD Untuk Para Petani 

Bogor, Swarabobar.com— Pemerintah Desa Karehekel Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor mengalokasikan 20 persen Dana Desa (DD) untuk Ketahanan pangan dengan membagikan bibit ikan nila ke 150 petani ikan, pemberian bibit tanaman sayuran kangkung ke 350 petani sayuran, pemberian benih padi ke 400 petani, beserta pupuk.

 

“Anggaran ini kita ambil dari 20 persen dana desa sebesar Rp. 400 juta. Selain bibit yang hari ini kita berikan, selanjutnya kita juga akan diberikan bibit kambing 21 pasang,” kata Kades karehkel Odi Marwan.

 

Lanjut Odi dari tiga bibit yang diturunkan hari ini, diberikan kepada penggarap langsung, dan dari anggaran ketahanan pangan kita juga ada pembangunan fisik berupa sarana irigasi di Kampung Pandu-Jontor.

 

 

“Itu untuk irigasi sebagai penunjang ketahanan pangan sebesar Rp. 200 juta lebihan, karna itu boleh, minimal untuk membantu warga,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan ini juga, Odi Marwan menyampaikan rencana pembangunan infrastruktur dari anggaran Samisade untuk jalan Kampung Gunung Sodong- Parungsinga agar bisa terlewati kendaraan roda empat.

 

“Satu daerah lagi di Desa Karehkel yang belum bisa dilewati kendaraan roda empat, yaitu Kampung Gunung Sodong – Parungsinga tahun sekarang kita akan bangun, sehingga memudahkan akses masyarakat serta peningkatan ekonomi,” tutupnya.

 

Sementara Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan penguatan ketahanan pangan dengan pembagian bibit ini di dahulukan didasari karena melihat siklus alam memasuki masa tanam.

 

 

Apalagi kata Daswara keadaan geografis Desa karehkel merupakan objek pertanian dan pesawahan perlu dioptimalkan. Dengan pemetaan potensi yang matang, diharapkan tercipta lapangan kerja baru serta ada nilai tambah produk pertanian.

 

 

“Semoga ini bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disektor Pertanian,” ucap Daswara. Dian

Artikulli paraprakSiap Pimpin KNPI Bogor, Muchamad Iqbal: Saya Siap Untuk Maju di KNPI Kabupaten Bogor
Artikulli tjetërGelar Penyuluhan, Desa Purasari Dapat Jatah Kuota 6.000 Bidang PTSL