Beranda Berita Terkini Makanan Khas Sunda Paling Enak Lengkap dengan Cita Rasa yang Unik

Makanan Khas Sunda Paling Enak Lengkap dengan Cita Rasa yang Unik

Bogor, Swarabobar.com – Jalan-jalan ke tanah sunda tentu tidak lengkap tanpa mencicipi berbagai pilihan wisata kulinernya yang tidak hanya enak, tapi juga mengenyangkan. Cita rasa yang unik juga dapat Anda temukan pada makanan khas Sunda yang akan membuat Anda ketagihan sekaligus tidak bisa melupakannya.

Berikut, 7 makanan Sunda yang wajib Anda coba!

1. Nasi Tutug Oncom
Makanan pertama yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke wilayah Sunda tentu saja nasi tutug oncom. Keunikan makanan ini ada pada suguhan nasi yang sudah dicampur dengan oncom goreng atau bakar.

Sebagai lauk pendamping, makanan yang dapat ditemukan dengan mudah di Tasikmalaya ini disajikan dengan ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan, dan tentunya sambal terasi.

2. Bakakak Hayam
Hayam merupakan Bahasa Sunda yang berarti makanan dengan bahan utama ayam. Cita rasa bakakak hayam pun cukup unik karena diolah dengan bumbu khusus sebelum kemudian dibakar.

Bakakak hayam paling nikmat disantap dengan nasi hangat lengkap dengan sambal dan lalapannya.

3. Mie Kocok
Bagi pecinta olahan mie, tentu saja Mie Kocok khas Sunda tidak boleh dilewatkan. Rasa kuah bening yang khas berpadu dengan mie, tetelan sapi, serta bawang goreng dan seledri sebagai topping tentu menggugah selera.

Mie kocok tentu paling pas disantap saat musim hujan dengan kuahnya yang panas dan mie yang lembut.

4. Empal Gepuk

Makanan khas Tanah Pasundan selanjutnya adalah empal gepuk. Tentu saja makanan satu ini terbuat dari irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan aneka rempah pilihan.

Bumbu empal gepuk umumnya dilengkapi dengan kelapa, jadi tidak mengherankan jika rasanya menjadi gurih dan lezat. Empal gepuk biasa disantap dengan nasi hangat, lalapan, dan tentu sambal.

5. Serabi
Siapa yang tidak tahu makanan gurih dan manis satu ini? Surabi menjadi camilan yang cocok untuk disantap di Tanah Pasundan maupun dibawa sebagai oleh-oleh.

Makanan satu ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dengan tungku dari tanah liat. Cara memasak yang masih tradisional ini membuat serabi memiliki cita rasanya tersendiri.

Awalnya surabi hanya disajikan dengan kuah gula merah. Namun saat ini, surabi sudah memiliki berbagai pilihan topping mulai dari coklat, keju, hingga ayam dan kornet.

6. Tahu Gejrot
Makanan khas Sunda selanjutnya ada tahu gejrot. Makanan ini tepatnya berasal dari Cirebon dan terbuat dari potongan tahu Sumedang yang disajikan dengan bumbu cabai yang menggugah selera.

Bumbu tahu gejrot sendiri dilengkapi dengan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kencur. Anda bisa menyesuaikan sendiri loh tingkat kepedasannya.

7. Nasi Timbel
Ingin mencicipi makanan khas Sunda yang mengenyangkan? Tentu saja nasi timbel jawabannya! Nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini disajikan lengkap dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, ikan, asin, lalapan, dan tentunya sambal terasi.

Pokoknya, jangan lupa kelezatan mengenyangkan dari Nasi Timbel khas Sunda ini!

Artikulli paraprakManfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
Artikulli tjetërTanggapi Aturan Mudik Lebaran Wajib Vaksin Booster, Ridwan Kamil: Jabar Ikuti Arahan Dari Pemerintah Pusat