Beranda Berita Terkini 7 Makanan Enak Yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

7 Makanan Enak Yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Jakarta,Swarabobar.com – Menurunkan berat badan bukan berarti harus menyantap makanan yang itu-itu saja. Ada beberapa kombinasi makanan enak dan sehat yang bisa dicoba untuk membantu turunkan berat badan dengan cepat.

Menurunkan badan seringkali menjadi bagian yang paling membosankan untuk dilakukan. Pilihan makanan yang terbatas dengan bumbu perasa yang cenderung hambar harus dirasakan dalam waktu yang panjang dan membosankan.

Ternyata ada beberapa makanan yang bisa dikombinasikan namun tetap sehat dan seimbang kalorinya. Ide kombinasi makanan ini menjadi ‘angin segar’ bagi pelaku diet untuk menurunkan berat badan dengan cara lebih variatif dan menyenangkan.

Tidak hanya sehat, makanan-makanan yang dikombinasikan ini juga punya rasa yang enak. Beberapa bahan makanannya juga banyak ditemukan dan cukup mudah untuk diolah.

Berikut ini 7 kombinasi makanan untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat, menurut Times of India:
Padat nutrisi, pisang ternyata bisa dikombinasikan dengan selai kacang dan cocok untuk menurunkan berat badan.
1. Pisang dan selai kacang
Pisang mengandung nutrisi padat dan cocok untuk para pelaku diet karena kadar kalorinya yang rendah. Pada 100 gram pisang diketahui hanya mengandung 89 kalori dengan kadar lemak sebanyak 0,3 gram.

Jika merasa terlalu bosan dengan rasa pisang, tidak ada salahnya untuk menambahkan selai kacang ke atasnya. Kombinasi makanan ini merupakan perpaduan sehat antara karbohidrat ditambah protein dan lemak yang sehat.

2. Yogurt dan buah berry
Melalui proses fermentasi, konsumsi yogurt memang baik untuk melancarkan pencernaan sehingga tidak ada kalori sisa makanan yang menumpuk terlalu banyak. Penelitian juga menunjukkan bahwa yogurt dapat menjadi makanan yang tepat untuk membakar lemak karena kombinasi komponen kalsium, vitamin D, dan protein asam amino.

Jika tidak ingin rasanya terlalu asam, ada beberapa bahan yang disarankan oleh pakar gizi sebagai paduan rasa yogurt. Salah satunya buah berry yang kaya akan kadar air dan indeks glikemiknya sangat rendah.

3. Telur dan paprika
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang padat nutrisi dan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Sedangkan paprika memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Kedua makanan ini ketika digabungkan sangat sempurna untuk membantu membakar lemak. Perpaduan antara telur dan paprika ini juga cukup mengenyangkan sehingga mampu membantu menahan rasa lapar.

4. Alpukat dan sayuran hijau
Kombinasi buah dan sayur tidak pernah salah ketika berbicara tentang menurunkan berat badan dan makanan rendah kalori. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu sayuran hijau juga rendah kalori tetapi bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu alpukat mengandung lemak baik yang juga membantu menekan rasa lapar. Kombinasi keduanya ini tidak hanya sehat untuk organ tubuh tetapi juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Daging sapi dan brokoli
Saat diet bisa tetap makan daging sapi dengan enak, untuk menyeimbangkan nutrisinya bisa dengan menambahkan brokoli. Foto: iStock
Banyak yang menghindari makan daging ketika ingin menurunkan berat badan. Faktanya daging masih bisa dikonsumsi asalkan dalam batas yang tepat dan dilengkapi dengan berbagai nutrisi lain, terutama serat.

Daging sapi yang diolah menjadi steak misalnya, dapat memberi asupan protein untuk membangun otot tubuh dan produksi sel darah merah. Jika ditambahkan dengan brokoli hidangan ini akan lebih lengkap karena dilengkapi dengan asupan vitamin C yang penting untuk proses pembakaran lemak.

6. Teh hijau dan lemon
Bukan menjadi rahasia lagi, teh hijau selalu menjadi minuman andalan saat ingin menurunkan berat badan. Teh hijau merupakan minuman rendah kalori yang dilengkapi dengan katekin sehingga memiliki manfaat yang baik untuk membakar kalori dan lemak.

Jika ditambahkan lemon, secangkir teh hijau juga akan memiliki tambahan kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk membantu pencernaan lebih lancar. Kombinasi komponen antara teh hijau yang tinggi katekin dan lemon yang memiliki vitamin C serta antioksidan ini sangat baik untuk menurunkan berat badan.

7. Ikan salmon dan ubi
Sebagai ikan yang tinggi kadar lemak sehat, salmon dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh. Ikan salmon begitu kaya akan kandungan lemak omega-3 yang juga membantu untuk menurunkan berat badan.

Tetapi walaupun dianggap begitu sehat tetapi perlu ada bahan makanan yang menjadi penyeimbangnya. Menyajikan ikan salmon dengan ubi jalar bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang rendah kadar indeks glikemiknya.

Sumber: Detik

Artikulli paraprak5 Tempat Wisata Teristimewa di Sukabumi
Artikulli tjetërMenginap di Rumah Gautama Bisa Jadi Pilihan saat Berlibur di Bandung